Responsive Ads Here

Sunday, September 24, 2017

Pengertian Hardware dan Jenis - Jenisnya

Dalam komputer, terdapat tiga komponen penting yang berfungsi untuk menjalankan sistem komputer. komponen tersebut adalah Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak), dan Brainware (Pengguna). Jadi jalannya suatu sistem komputer bergantung pada ketiga komponen tersebut.

Dibawah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian Hardware (Perangkat Keras) dan jenis - jenisnya.

PENGERTIAN HARDWARE

Hardware atau perangkat keras komputer adalah komponen - komponen komputer yang bersifat fisik, dimana komponen - komponen tersebut dapat dilihat, diraba, dan berbentuk nyata. Hardware komputer berfungsi sebagai pendukung dalam menjalankan proses komputasi seperti menerima input data, mengolah data, menyimpan data, dan mengeluarkan hasil pengolahan data.


gambar via google



JENIS - JENIS HARDWARE

Jenis - jenis hardware atau perangkat keras adalah sebagai berikut :

1. Input Device

Input Device atau unit masukan adalah komponen - komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data kedalam komputer. Terdapat beberapa contoh input device sebagai berikut :

• Keyboard ; adalah alat input pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan sebuah perintah berupa huruf, angka, dan simbol - simbol lainnya.
• Mouse ; adalah alat input pada komputer yang berfungsi sebagai penunjuk arah dan memberikan perintah dengan menekan tombol mouse.
• Joystick ; adalah alat input pada komputer yang berfungsi sama seperti mouse hanya saja dalam bentuk tuas. Perangkat ini biasa digunakan untuk bermain games.
• Scanner ; adalah alat input pada komputer yang berfungsi untuk menyalin objek ke dalam bentuk digital.

2. Output Device

Output Device atau unit keluaran adalah komponen - komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai media untuk mengeluarkan hasil dari proses pengolahan data berupa kertas, gambar, suara dan lain - lain. Terdapat beberapa contoh dari output device sebagai berikut :

• Monitor ; adalah alat output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan sebuah data yang berupa teks, gambar, maupun video.
• Printer ; adalah alat output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil pemrosesan teks, gambar, atau grafik dari komputer ke dalam bentuk kertas.
• Speaker ; adalah alat output yang berfungsi untuk menghasilkan pemrosesan komputer berupa suara atau audio.
• Headset ; adalah alat output yang berfungsi sama seperti speaker, hanya saja ukurannya yang lebih kecil dan digunakan dengan cara  ditempelkan pada telinga.

3. Procces Device

Process Device adalah komponen - komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang dimasukkan melalui input device dan kemudian dikeluarkan melalui output device. Terdapat beberapa contoh dari process device sebagai berikut :

• CPU (Central Processing Unit) ; adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dari software atau perangkat lunak komputer.
• Motherboard ; adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai penghubung akses dari masing - masing perangkat.
• Proccesor ; adalah perangkat komputer yang disebut sebagai otak komputer. Processor berfungsi untuk mengontrol jalannya sebuah sistem komputer.
• RAM (Random Access Memory) ; adalah memori tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random.

4. Storage Device

Storage Device adalah komponen - komponen perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data hasil dari pemrosesan atau pengolahan data. Terdapat beberapa contoh dari storage device sebagai berikut :
• Hard Disk ; adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan yang bekerja secara sistematis.
• Flash Disk ; adalah alat penyimpanan data yang bersifat eksternal yang digunakan dengan cara dihubungkan ke port USB.
• ROM (Read - Only Memory) ; adalah salah satu memori dalam komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen.
• CD (Compact Disk) ; adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data dalam bentuk cakram.

Itulah sedikit pembahasan dari saya tentang pengertian Hardware atau perangkat keras dari saya. Jangan lupa comment dan share guys, semoga bermanfaat!

2 comments: